Jumat, 16 Desember 2011

Pizza Saus Daging


LBT#8
Pizza time..... ^_^
PR yg menyenangkan... :)
Ini kali ke 3 aq bikin pizza. Resep dough nya pake resep Bunda Ricke.. Tp baru kali ini hasilnya yg maksimal. Empuuuuuuuk bgt, meskipun udah dingin. Klo yg dulu bikin ga tau kenapa rada2 keras. Mungkin ngadoninnya kurang kalis kali yaaa... Hehe..
Yg kurang untuk topping nya ga pake keju Mozarella, ga nemu yg ada halalnya. Yo wes pake Kraft Singles aja. U sausnya langsung ditambahin daging giling.... Hmmmm ini yg bikin nikmaaaat.. ^.^


Bahan pizza base/pizza crust/roti pizza:

7 gram ragi instan (sekitar 2 sdt)
200 ml air hangat
1 sdt gula pasir
250 gram tepung terigu protein tinggi (Cakra Kembar)
100 gram tepung terigu protein sedang (Segitiga Biru)
2 sdm minyak zaitun (klo ga ada bisa pakai minyak goreng kualitas baik)
1/4 sdt garam

Cara membuat:
1. Larutkan ragi instan dan gula pasir dalam air hangat. Biarkan 10 menit sampai berbusa (tanda ragi bekerja dan masih dalam keadaan bagus).
2. Taruh tepung terigu dan garam dalam wadah, aduk rata dan buat lubang di tengahnya, masukkan larutan ragi instan pada lubang, aduk rata. Masukkan minyak zaitun. Uleni sampai setengah kalis. Uleni terus sampai kalis dan elastis (adonan tidak lengket, mengkilap, halus dan tidak mudah sobek jika dibeberkan tipis).
3. Bulatkan adonan dan taruh dalam wadah yg telah dioles minyak. Diamkan selama kurang lebih 1 jam sampai adonan mengembang 2x lipatnya (tutup wadah dg plastik atau serbet lembab agar adonan tidak kering).
4. Kempiskan adonan yg telah mengembang. Uleni lagi sebentar. Bagi menjadi beberapa bagian sesuai ukuran pizza yg akan Anda buat. Kemarin adonan dibagi 2 bagian. Adonan langsung ditaruh di tengah loyang, kemudian ratakan sampai menutupi seluruh permukaan dasar loyang. Jangan lupa loyangnya dioles minyak dulu yaa...

~'Saus Daging'~
150 g daging giling
4 buah tomat merah, buang isinya blender.
6 sdm saus tomat
2 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
1 sdm oregano kering
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk (optional)
1 sdt Gula pasir

Cara membuat:
Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan daging giling sampai berubah warna. Masukkan tomat, saus tomat. Masak sampai kental dan meletup-letup. Tambahkan oregano, garam dan merica dan gula pasir. Aduk rata, angkat, dinginkan.

'Topping'
Smoked beef, sosis sapi, paprika hijau, paprika merah potong kotak kecil, keju Kraft Singles.

Penyelesaian:
Taruh adonan pizza crust dalam loyang (di tengah ya), ratakan sampai menutupi seluruh permukaan dasar loyang.
Beri saus daging dan ratakan. Tata topping sesuka hati, beri keju di atasnya. Panggang dalam oven panas sekitar 200'C selama 15-20 menit. (kmrn kurleb 13 mnt) Jangan overbake ya! Nanti rotinya jadi kering dan keras.
Keluarkan dari oven, segera potong2. Sajikan hangat.... ^.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar