Jumat, 20 Januari 2012

Ikan Bilis Balado

Ikan bilis ini salah satu ikan yg ga repot mengolahnya. Krn ga perlu dibersihkan seperti ikan lain yg harus dibuang kotorannya. Kebayang kaaaan klo harus bersihin nih ikan, secara ukurannya aja udah imuuuuuuut mut mut.... hehehehe....
Klo aq bilang ini ikan teri segar...Perlu diketahui jg loh klo ikan ini punya kandungan kalsium yang tinggi. Jadi bagus banget untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Makanya aq seneng klo anak2 doyan makan ikan bilis ini. Selain anak2, ibu2 hamil jg ok loh makan ikan bilis ini terutama u pertumbuhan janin yang ada di rahim sang ibu....seperti yang di sarankan dokter waktu aq hamil anak2qu dulu..^____^
Kali ini aq bikin ikan bilis goreng tepung yg dikasih cabe goreng (balado)...Tp teutep ditinggalin jg yang ga disambel buat si bungsu..

Ikan Bilis Balado

Bahan:

1/2 kg ikan bilis
1 bh jeruk nipis
garam

Campur:

tepung terigu
tepung beras
**perbandingan terigu dan tepung beras 2:1
bawang putih bubuk (secukupnya)
kunyit bubuk (secukupnya)

Giling :

50 gr Cabe merah keriting
4 bh bawang merah
garam
** jangan menggunakan tomat supaya ikannya tetap garing

ini ikan bilisnya yg masih segar
Cara membuat:

1. Cuci bersih ikan bilis, tambahkan perasan air jeruk nipis dan garam, aduk rata. Sisihkan.
2. Siapkan campuran tepung. Ambil ikan bilis secukupnya, masukkan ke dalam campuran tepung tadi sampai ikan diselimuti tepung dan tidak ada yg menempel lg.
3. Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng, goreng ikan bilis yg sudah ditepungi (usahakan jangan banyak tepung yg terbawa krn akan cepat mengotori minyak). Goreng sampai kering, sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Lakukan sampai ikan habis.
4. Siapkan wajan, panaskan minyak untuk menumis cabe. Masukkan cabe yg sudah digiling, aduk rata dan masak hingga cabe matang. Matikan api. Biarkan hingga cabe dingin, baru masukkan ikan bilis yg telah digoreng tepung td. Aduk rata. Simpan di wadah kedap udara.

Selamat mencoba ^____*
ini ikan bilis goreng tepung buat si kecil


Tidak ada komentar:

Posting Komentar